-->
Selamat datang di BLOG para anak Rasta, Perhatian Reggae Gak Harus NgaGanja...!!!

Tekhnik Pengiriman Sinyal Dalam Jaringan


Dalam jaringan komputer, terdapat dua tekhnik pengiriman sinyal yaitu baseband dan broadband. beikut uraiannya :

1. Baseband
adalah tekhnik pengiriman sinyal digital dimana transmisi data atau paket yang digunakan bersifat bidirectional yang digunakan pada jangkauan pendek dengan topologi BUS.

2. broadband
Broadband adalah tekhnik pengiriman sinyal analog dengan Frequensi Division Multiplexing (FDM). Jaringan jaringan ini biasa digunakan pada jaringan TV seperti TV kabel karena broadband dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan baseband. Broadband memiliki resistansi 75 ohm dan banyak digunakan pada topologi TREE, serta bersifat undirectional.


METODE TRANSMISI JARINGAN

Dalam teknologi jaringan local (Local Area Network), transmisi data dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a. Unicast
merupakan metode trasmisi satu ke satu (one to one) dalam satu jaringan. Unicast akan melakukan komunikasi dengan satu sistem lainnya dalam suatu jaringan. Pada jaringan penggunaan unicast dapat diketahui dari MAC (Media Access Control) Address asal dan tujuan transmisi. Setiap komputer memiliki nomor unik yang disebut MAC atau dapat pula menggunakan nomor unik IP (Internet Protocol) Address.

b. Multicast
Merupakan metode trasmisi yang digunakan untuk kebeberapa tujuan, tetapi tidak harus kesemua host atau komputer. Multicast menggunakan trasmisi satu ke banyak (one to many). Multicast akan mengirimkan atau mentrasmisikan data atau paket hanya satu kali dan akan diterima oleh beberapa komputer yang menjadi tujuannya.

c. Broadcast
Metode trasmisi jaringan yang dikenal dengan dengan metode trasmisi satu ke semua (one to all). Pengiriman atau trasmisi akan diterima oleh semua komputer yang terhubung, dan dalam metode ini akan terjadi kesibukan trasmisi (traffic broadcast).



 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disarankan komentar anda tidak mengandung sara...oke