-->
Selamat datang di BLOG para anak Rasta, Perhatian Reggae Gak Harus NgaGanja...!!!

Selamatkan VGA Anda...!!!

VGA anda matot? Artifak???........mau memperbaiki bingung caranya, mau RMA garansi sudah habis, mau beli lagi ga ada uang, mau dibuang SAYANG. Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan menunjukkan tutorial perbaikan vga dengan menggunakan oven ataupun alat pemanggang lainnya. Tapi pada artikel kali ini saya lebih mengarah kepada penggunaan oven karena lebih efisien dan murah karena rata2 ibu2 di rumah terutama yang notabene suka membuat roti pasti punya alat yang satu ini. Selain itu trik ini sudah terbukti keberhasilannya, jadi saya akan membabarkan cara ini bagi anda semua.

Berikut alat2 yang musti disiapkan :
-VGA matot / artifak
-Oven dengan kemampuan panas hingga 385°F
-Alumunium Foil
-Alas Panggang Oven
-Obeng (untuk melepas HSF)
-Thermal Paste

Baiklah langsung kita mulai saja. Pertama-tama kita panaskan dulu oven hingga mencapai suhu 385°F kemudian sembari melapisi alas panggang. Disaat pemanasan oven, lepaslah HSF yang terpasang pada VGA. Lepaskan semua HSF, lempeng pendingin, heatsink ram pada vga, sampai benar2 seperti gambar dibawah ini.....




Kemudian posisikan secara terbalik VGA anda pada alas panggang yang telah dilapisi aluminium foil. Letakkan alumunium foil berbentuk bulatan (dibentuk bulat) dibawah vga tersebut. Pastikan bulatan alumunium foil ini tidak mengenai bagian komponen elektronik lain seperti resistor , kapasitor , dll. Lihat gambar dibawah....




Setelah panas oven mencapai 385°F, masukkan vga anda kedalamnya kemudian panggang selama 8 menit. INGAT!! cek dengan benar vga sebelum dipanggang.



Setelah 8 menit, ambil vga anda lalu biarkan dingin dengan sendirinya, jangan dinginkan dengan pendingin apapun, biarkan dingin dengan sendirinya atau komponen PCB mengalami retak. Setelah mendingin, kemudian pasang thermal paste ke bagian GPU & RAM, n komponen lain jika diperlukan. Pasang kembali HSF vga dan pasang konektor HSF pada pcb vga.

Sekarang pasang vga anda dengan benar didalam casing anda. Berdoalah........nyalakan!!. Bila berhasil maka akan muncul tampilan pada layar monitor yang bersih tanpa artifak ataupun masalah2 lain. Dan komputer anda akan mengenali vga anda sebagai hardware baru. Tes VGA anda dengan tool penyiksa vga Furmark dan gunakan settingan windowed mode n reso 640x480 ditambah MSAA 16X. Kalau tidak muncul artifak maupun restart maka ...CONGRATS.....vga anda telah bangkit dari kubur .

NB:
1. Perlu diperhatikan bahwa trik ini hanya diaplikasikan oleh seorang yang sudah berpengalaman dibidangnya. Karena TS tidak bertanggung jawab atas resiko yang ada.
2. Komponen yang mengalami pemanggangan akan membuat residu beracun dan berbahaya. Lihat ini http://www.sentryair.com/solder%20fume.htm
3. Meski hardware sekarang telah mengikuti standar aturan ramah lingkungan namun tetap memiliki kandungan berbahaya sekalipun dalam jumalah kecil.
4. Intinya setelah anda memperbaiki VGA anda maka segera mungkin ganti oven anda karena akan berbahaya jika digunakan untuk memanggang makanan. Kecuali anda akan menggunakan oven tersebut untuk perbaikan elektronik secara terus menerus.
5. Gunakan pemanggang yang murah dan berukuran kecil, karena itu sudah lebih dari cukup untuk memanggang vga anda.
6. Jangan sekali2 menggunakan microwave!!!!....karena anda akan tewas diakibatkan oleh komponen elektrik pada vga dan microwave yang meledak.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disarankan komentar anda tidak mengandung sara...oke