-->
Selamat datang di BLOG para anak Rasta, Perhatian Reggae Gak Harus NgaGanja...!!!

Memasang Harddisk

Setelah sebelumnya saya membahas tentang pengertian Harddisk, dan cara tepat memilih Harddisk, kali ini saya coba jelaskan mengenai langkah-langkah yang tepat dalam pemasangan Harddisk pada komputer.
Pertama kita siapkan Harddisk yang akan kita pasang, dan aturlah jumper pada Harddisk. Jumper ini ada pada bagian belakang Harddisk dan memiliki 5 pasang pin. 



Bila Harddisk yang akan anda pasang hanya satu, maka setelah jumper ke posisi "MASTER". Jika ada dua Harddisk maka cabut jumper Harddisk kedua dan posisikan sebagai "SLAVE". Petunjuk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas Harddisk.
Setelah itu, pasang Harddisk pada drive bay berukuran 3,5 inci. Drive bay tersebut biasanya juga cocok untuk memasukkan Floppy drive. Jika sudah pas, maka pasanglah bautnya.


Pasang kabel data IDE, pemasangannya tidak begitu sulit dan cukup mudah. Yaitu dengan melihat penanda warna pada kabel, bagian yang berwarna merah harus ditempatkan dekat dengan soket power untuk Harddisk. Kemudian pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada soket IDE 1 atau primary IDE pada Motherboard ( Ditandai dengan tulisan "IDE 1 Prymary" ). Cara pemasangannya sama dengan cara pemasangan ke Harddisk.



Selanjutnya pasang kabel power dari Power Supply ke Harddisk. Anda tak mungkin keliru dalam pemasangan kabel ini karena jika keliru kabel tidak akan mungkin bisa dimasukkan.

Wassalam… Semoga bermanfaat !!

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disarankan komentar anda tidak mengandung sara...oke