-->
Selamat datang di BLOG para anak Rasta, Perhatian Reggae Gak Harus NgaGanja...!!!

Pengertian Modem dan Jenis-jenisnya


Tahukah anda apa itu modem atau pengertian modem? Kebanyakan dari kita tidak mengerti apa itu modem yang sering kita pakai sehari-hari. Modem merupakan kependekan dari kata Modulator Demodulator, apa itu modulator dan demodulator? Modulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier yang mana sinyal tersebut dapat dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal carrier menjadi sinyal informasi.

Dari keterangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa modem adalah perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dua arah. Sebenarnya semua alat yang digunakan untuk berkomunikasi juga menggunakan komunikasi dua arah dan selalu ada sebuah hardware yang bernama modem, misalnya saja microwave radio maupun VSAT dan banyak yang lain. Tetapi kebanyakan dari mereka hanya mengena modem sebagai hadware yang hanya digunakan pada komputer atau sejenisnya.

Dari pengertian modem diatas, tentu kita dapat menjabarkan apa saja fungsi modem tersebut. Fungsi yang paling utama adalah mengubah sinyal digital dari kabel menjadi sinyal suara bahkan sebaliknya. Saat ini modem berkembang sangat pesat, salah satunya voice modem. Voice modem adalah fungsi baru dari modem yang tidak hanya menyediakan fasilitas internet, namun juga menyediakan fasilitas bermanfaat lainnya seperti saluran radio, streaming video, percakapan telepon, audio dan masih banyak yang lainnya.

Lalu bagaimana cara kerja modem tersebut secara jelasnya? Saat kita meminta data, komputer kita akan membuat perintah digital yang sesuai dengan perintah anda lalu ditujukan kepada modem, kemudian modem akan merubah sinyal digital dari komputer kita menjadi sinyal analog kemudian sinyal analog tersebut dikirimkan oleh modem ketempat tujuan atau sesuai perintah kita.

Setelah sampai pada tempat tujuan, tempat tujuan tersebut akan mengirimkan sinyal analog balasan yang sesuai dengan perintah anda dan kemudian modem merubahnya kembali dari sinyal analog menjadi sinyal digital yang siap di tampilkan kepada anda.

pengertian modem

Selain pengertian modem, anda juga harus mengerti apa saja jenis-jenisnya. Jenis modem sangatlah banyak, jika ditinjau dari bentuk fisik modem dapat digolongkan menjadi 6 diantaranya adalah : modem ADSL, modem CDMA, modem GSM, modem 3GP, modem kabel (modem yang hanya dapat menerima sinyal langsung dari layanannya melalui TV kabel) dan modem analog (modem yang memiliki kemampuan untuk merubah sinyal analog untuk dijadikan sinyal digital).

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disarankan komentar anda tidak mengandung sara...oke